oleh

Kembangkan Pariwisata Kaimana, Dahulukan Penyiapan SDM

KAIMANA, KT- Pembangunan bidang pariwisata Kaimana ke depan, harus terlebih dahulu menyiapkan sumber daya manusia (SDM). Jika ini tidak dilakukan terlebih dahulu, maka pariwisata Kaimana masih akan tetap berjalan seperti sedia kala.

“Memang selama ini, kita terus membangun infrastrukturnya dan melakukan berbagai upaya promosi keluar. Namun, kita lupa, yang paling penitng adalah penyiapan sumber daya manusianya. Masyarakat harus terlebih dahulu diberikan pemahaman bahwa pariwisata Kaimana merupakan sumber pendapatan bagi daerah ke depan dan bagi masyarakat itu sendiri, jika masyarakatnya menerima kedatangan para wisatawan domestik maupun manca negara dengan baik. Ini yang perlu dilakukan terlebih dahulu,” ujar Ketua DPRD Kaimana, Irsan Lie, saat dikonfirmasi wartawan belum lama ini di Kaimana Beach Hotel.

Dikatakan, kesiapan masyarakat itu tentunya harus dilakukan secara bersama, bukan oleh instansi teknis terkait dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan semata, tetapi oleh semua pihak.

“Memang potensi kita cukup menjanjikan, banyak destinasi wisata kita yang bisa mendatangkan pendapatan bagi daerah,” katanya.

Disinggung soal penyiapan sumber daya ini perlu juga didorong dengan kesiapan alokasi anggaran yang memadai, kata dia, pemerintahan saat ini tentu akan melakukan berbagai upaya untuk itu, termasuk dengan usulan kesiapan anggarannya.

“Kita akan lihat usulan seperti apa yang akan disampaikan dalam tahun anggaran mendatang,” ujarnya.

Disinggung soal adanya pergeseran anggaran di tengah penanganan Pandemi Covuid 19 ini, apakah juga akan memberi pengaruh terhadap sejumlah program dan kegiatan di tahun anggaran 2021 ini, termasuk bidang pariwisata, kata dia, memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini pemerintah pusat fokus terhadap penanganan Covid 19.

“Untuk Kaimana sendiri, refocusing terhadap APBD kita sebesar hampir 100 miliar jumlahnya. Nah, untuk itu, penting sekali dilakukan komunikasi dengan pemerintah pusat atau pemerintah provinsi, terkait dengan pengembangan pariwisata tersebut. Intinya, saya berharap agar ke depannya penyiapan sumbe daya manusia terlebih dahulu, sebelum membangun infrastruktur dan promosi untuk bidang pariwisata di Kaimana,” pungkasnya.(ANI-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru