oleh

Fatamsya Furu: Distrik Genova dan Tugarni Harus Segera Dimekarkan

KAIMANA, KT- Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Kaimana, mendesak agar pemerintah daerah, baik itu Pemkab Kaimana maupun Pemprov Papua Barat, agar segera mempercepat pembentukan dua distrik di wilayah Teluk Arguni.

Dua distrik yang saat ini sudah masuk dalam pembahasan yakni Distrik Genova dan Tugarni.

“Penting sekali, wilayah Arguni ini harus dimekarkan, dengan melihat kondisi wilayah, termasuk juga dengan daya dukung lainnya. Jika ini sudah dimekarkan, maka diharapkan pelayanan pemerintahan di wilayah ini akan semakin baik, seiring dengan pengembangan distrik menjadi sentra perekonomian baru di masa pemerintahan Bupati Freddy Thie dan Wabup, Hasbulla Furuada saat ini,” ujar Fatamsya, saat memberikan keterangan persnya melalui saluran telepon selulernya, Minggu (2/5/2021).

Dia lebih lanjut mengatakan, jika dilihat dari perkembangannya, wilayah Arguni adalah wilayah yang paling siap untuk dimekarkan, apalagi, jumlah kampungnya sebanyak 24 kampung.

Disinggung soal adanya usulan pemekaran kampung di wilayah itu, kata dia, jika memang sudah ada usulannya, diharapkan segara direalisasikan, sehingga menjadi semakin terbuka peluang untuk pemakaran distrik.

Dia menambahkan, seiring dengan visi dan misi pemerintahan saat ini, yakni pengembangan distrik sebagai sentra pertumbuhan ekonomi baru, kata dia, ini sangat penting dapat dilakukan untuk wilayah Arguni.

“Letak Arguni yang berbatasan langsung dengan kawasan industry yakni BP LNG Tangguh, diharapkan dengan pemekaran distrik maka pengembangan komoditi pertanian, perikanan maupun perkebunan perlu mendapatkan perhatian serius. Arguni akan menjadi pusat perekonomian baru Kaimana ke depan, yakni memasok pertanian, perikanan dan perkebunan ke wilayah Babo yakni BP LNG di Bintuni,” tegasnya.

Dia pun sangat berharap agar Bagian Tata Pemerintahan pada Setda Kaimana, dapat bergerak lebih cepat untuk segera merealisasikan pemekaran dua distrik di wilayah Kawasan Teluk Arguni di tahun 2021 ini.(ANI-R1)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru