oleh

Di Pustu Urisa, Tak Ada Tenaga Medis ; 3 Warga Meninggal Dunia

KAIMANA, KT- Pustu Kampung Urisa Distrik Teluk Arguni Bawah, sejak dua tahun terakhir, tidak memiliki tenaga medis.

Meski ada gedung Puskesmas Pembantu, namun, sejak tahun 2019 lalu, namun dua tenaga medis yang ditempatkan di Puskesmas Pembantu itu, tidak pernah melaksanakan tugas.

Kepala Kampung Urisa, Frans Baefa, dalam keterangannya di Kampung Urisa, Minggu (6/6/2021) menuturkan, sejak berdiri Pustu itu, ada dua tenaga medis yang ditempatkan di Pustu itu.

“Kami sendiri tidak begitu tahu, apa status dua tenaga medis itu. Namun, ada sebanyak 3 warga kami yang tidak tertolong nyawa mereka, akhirnya meninggal dunia. Memang, selama ini, kalau ada warga kami yang sakit, terpaksa harus ke Puskesmas Tanusan, atau tidak, kami langsung bawa ke RSUD Kaimana,” ujarnya.

Dalam keterangannya, Baefa juga mengaku, jika sering mereka tidak mendapatkan obat di Puskesmas Tanusan, sehingga harus bawa pasien ke RSUD Kaimana.

“Untuk hal ini, kami memang sudah mengusulkan ke Dinas Kesehatan sebanyak 3 kali, namun hingga saat ini, tidak ada respon,” tegasnya.

Dia pun sangat berharap agar, pemerintah daerah segera menempatkan tenaga medis di Pustu Urisa, sehingga jika ada warga yang sakit, bisa dapat tertolong.

Kepala Dinas Kesehatan Kaimana, Aifin Sirfefa, yang berhasil dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (7/6/2021) mengatakan, untuk tenaga medis di Pustu tersebut sudah ditempatkan selama ini.

“Nanti kami akan panggil Kepala Puskesmasnya,” ujar Kadis Arifin singkat.(YUS-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru