oleh

Thamrin Lamuasa: Pemda Kaimana Diminta Segera Bentuk Tim Gugus Tugas Covid 19

KAIMANA, KT- Pemerintah Daerah (Pemda) Kaimana, diminta untuk segera membentuk Tim Gugus Tugas Covid 19 untuk Kabupaten Kaimana yang baru. Pasalnya, Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Kaimana yang lama, telah demisioner.

Hal itu disampaikan oleh pengamat sosial kemasyarakatan, Thamrin Lamuasa, dalam keterangannya saat dimintai pendapatnya, Jumat (21/5/2021).

“Saat ini pemerintah pusat sedang berusaha melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan covid 19 di seluruh tanah air, pasca munculnya varian baru yang datang baik dari India, Inggris dan Afrika Selatan. Keseriusan pemerintah pusat dalam penanganan ini, semestinya harus direspon baik oleh pemerintah daerah. Saya belum melihat ada aksi konkrit yang dilakukan pemerintahan saat ini, untuk melakukan daya upaya mengantisipasi penularan covid 19 di Kaimana saat ini,” sebut Thamrin.

Dikatakan, selain itu, ada satu persoalan yang mestinya menjadi pekerjaan rumah pemerintahan saat ini, yakni masyarakat belum percaya akan adanya covid 19.

“Ini yang mestinya segera didorong. Apalagi saat ini Satgas Covid 19 belum ada SK baru. Seharusnya itu yang menjadi point krusial dan mesti didorong dalam 100 hari kerja pemerintahan saat ini. Saya piker pemerintah daerah tidak harus terus bereuforia dengan berbagai hal, urusan keselamatan masyarakat ini juga penting. Terus terang, adanya varian baru saat ini dan dengan kembali dibukanya penerbangan dan angkutan laut pasca Hari Raya ini, maka akan sangat terbuka penularannya. Apalagi, varian baru itu klusternya sudah ada di beberapa daerah di Indonesia,” urainya.

Tim Gugus Tugas Covid 19, menurut Thamrin, perlu dibentuk lagi dengan memberikan prioritas-prioritas, termasuk apa saja yang mesti dilarang oleh pemerintah sesuai dengan petunjuk dari pemerintah pusat.

“Saya dengar bahwa sekolah dalam waktu dekat akan dibuka kembali. Apakah ini sudah melalui sebuah proses pengkajian atau belum? Lalu, siapakah yang bertanggungjawab, jika ketika ini dibuka dan terjadi masalah baru? Untuk itu, jika ada Tim Gugus Tugas, maka akan lebih mempermudah masyarakat untuk memahami, apa aktivitas mereka yang dilarang dan yang tidak. Jadi, ada rekomendasi dari Tim Gugus Tugas itu,” tegasnya lagi.

Dia sangat berharap agar, apa yang disampaikan dirinya ini, tidak menjadi polemic berkepanjangan, tetapi menjadi perhatian pemerintah daerah agar secepatnya melakukan terobosan untuk mengantisipasi segala hal yang perlu dalam menyelamatkan Kaimana dari Covid 19.(ANI-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru