oleh

Pengusaha Anak Asli Papua Ini Mulai Kembangkan Parfum Nilam di Sararan Kaimana

KAIMANA, KT- Tak hanya mengandalkan sumber daya alam yang melimpah, tetapi juga butuh kerja keras dan kemauan untuk mencapai sukses.

Itulah yang dialami seorang pengusaha asli Papua asal Kaimana, Halimin Furu.

Setelah melalang buana hingga ke negeri orang, Putra asal Sararan Distrik Arguni Bawah ini, kembali ke kampung halamannya dan mulai mengusahakan pengembangan minyak parfum dari tanaman nilam.

“Kami sejak tahun 2020 lalu saat pandemic, saya mulai mengembangkan penyulingan minyak nilam ini. Memang, kalua tanaman ini ternyata banyak di wilayah kami, dan itu peluang. Saya beberapa kali belajar di Kolaka dan Bau-Bau. Dari pengalaman ini, saya mulai kerjakan di kampung,” ujarnya kepada wartawan saat mendatangi Redaksi Kabar Triton, Jumat (7/5/2021).

Dia mengatakan, selain mengembangkan penyulingan minyak nilam ini, dirinya juga saat ini sedang mengupayakan budiaya tanaman nilam.

“Untuk lahannya memang saat ini masih sebatas kemampuan kami. Namun, kita harus memulai dari pada tidak sama sekali. Untuk bibit, saya sedang usahakan saat ini, semoga dengan seiringnya waktu, pengembangan tanaman ini pun akan bertambah di kawasan lain, agar bahan mentah kita tersedia, jika sewaktu-waktu ke depannya, Kaimana akan menjadi pusat penyulingan nilam di Tanah Papua,” urainya.

Dalam keterangannya, dia pun mengaku, jika untuk proses penyulingan, mereka masih menggunakan alat yang sederhana, yakni masih terbuat dari kayu, untuk alat penyulingannya, sehingga kualitasnya masih sangat terbatas.

“Kalau memang butuh kualitas, tentu wadah penyulingannya harus menggunakan stainless. Untuk itu, kami butuh modal bantuan dari pemerintah daerah. Jika memang bisa, maka kami akan buat dengan kualitas yang lebih baik,” ujarnya sambal mengaku, pemasarannya akan dilempar ke pembeli di Bali dan Surabaya.

Usaha dan kerja keras Halimin Furu, adalah berkah bagi warganya dan juga membangun Kaimana ke arah yang lebih baik. Semoga, ada dukungan dari pemerintah daerah untuk usaha baik ini ke depannya.(ANI-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru